top of page
Search
  • Writer's pictureBahtera Properti

Suspek Cacar Monyet Ada pada Jawa tengah, Berikut ini Situasinya



Penyakit cacar cacar monyet (monkeypox) disangka udah masuk Indonesia. Seseorang pasien yang disangka suspek cacar monyet terdiagnosis di Semarang, Jawa tengah.

Jubir Kemenkes Mohammad Syahril mengucapkan pasien adalah laki laki berumur 55 tahun. Syahril mengatakan pasien bukan eksekutor perjalanan luar negeri (PPLN). Penduduk itu waktu ini menjalankan perawatan di satu diantara rumah sakit swasta di Jawa tengah.


Pasien ditemui merasakan tanda-tanda serupa cacar monyet. Dia merasakan demam juga bintil-bintil serupa cacar di badannya. Akan tetapi, Syahril mengedepankan kalau yang terkait belumlah tentu tertular cacar monyet. Berarti, tanda-tanda yang tampil mungkin masih timbul karena infeksi lain.


"Bakal dikerjakan kontrol lab PCR buat menentukannya. Bisa-bisa cuman cacar biasa atau penyakit lain, bukan monkeypox," kata Syahril.


Hasil ujian lab PCR pasien suspek cacar monyet diprediksikan keluar lima sampai tujuh hari.


Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam akhir Juli lalu sudah menyampaikan paling tidak ada sembilan suspek pasien cacar monyet di Indonesia. Walaupun begitu, semuanya suspek ditetapkan negatif cacar monyet seusai lewat kontrol.


Walaupun tak ada masalah cacar monyet yang divalidasi di Indonesia, pakar yakin penyakit itu udah masuk di Tanah Air. Endemiologi Dicky Budiman dari Kampus Griffith Australia menilainya terdapatnya kemampuan itu.


Ia memperjelas, kebanyakan waktu inkubasi cacar monyet butuh waktu sampai tiga minggu hingga munculnya tanda-tanda. Sebab waktu inkubasi yang lama ini, kemungkinan besar satu orang dapat lolos dari skrining waktu ingin masuk ke Indonesia berkat tak tunjukkan tanda-tanda.

4 views0 comments

Commenti


Post: Blog2_Post
bottom of page