top of page
Search
  • Writer's pictureBahtera Properti

Berikut Daftar Obat Maag yang Penting Anda Pahami

Sakit maag bisa membikin Anda sulit makan serta terasa tak nyaman. Akan tetapi, tak usah risau, ada sejumlah alternatif obat maag yang dapat Anda konsumsi buat meredakannya, maka Anda tetap menjalankan pekerjaan tiap hari tanpa ada terusik rasa ngilu di lambung serta mual.



Maag atau dispepsia adalah makna yang dipakai buat mendeskripsikan satu keluh-kesah berwujud merasa tidak nyaman di perut sisi atas atau ulu hati. Waktu sedang sakit maag, Anda mungkin bisa merasai gejala-gejala, seperti perih atau ngilu ulu hati, mual, muntah, banyak bersendawa, serta perut kembung.


Obat Maag yang Dapat Anda Putuskan

Penyembuhan sakit maag penting disinkronkan dengan hal sebabnya. Kebanyakan, tanda-tanda sakit maag yang mudah bisa menyurut sendirinya. Akan tetapi, apabila keluh-kesah sakit maag yang dirasa lumayan berat, Anda bisa menanggulanginya dengan mengkonsumsi obat maag berikut:


Antasida


Adalah obat maag yang dapat dibeli pada apotek tanpa ada resep dokter. Obat ini bekerja lewat cara menetralisir asam lambung, maka keluh-kesah ngilu ulu hati bisa menyusut.


Walaupun jarang ada, obat maag yang satu berikut bisa menyebabkan sejumlah dampak, seperti perut berasa kembung, diare, serta mual. Sejumlah produk obat antasida tidak juga diminta buat dipakai di anak umur di bawah 12 tahun dan ibu hamil serta menyusui.


Konsumsi obat ini mesti sesuai sama arahan serta jumlah pemanfaatan yang tertulis di paket obat atau sesuai sama petunjuk dari dokter. Hindarkan konsumsi obat antasida melampaui jumlah yang direkomendasikan.


Obat antagonis H2


Bekerja lewat cara kurangi produksi asam lambung. Contoh obat maag yang tergolong dalam grup obat ini yaitu cimetidin, famotidin, serta ranitidin. Beberapa obat itu siap berbentuk tablet serta suntik. Tidak sama dengan antasida, obat maag grup antagonis H2 penting diraih lewat resep dokter.


Obat maag ini jarang-jarang menyebabkan dampak, namun pemanfaatannya di ibu hamil atau menyusui, pengidap penyakit ginjal serta hati, dan orang dengan ketahanan badan yang kurang kuat semestinya dicegah atau dikomunikasikan dahulu sama dokter.


Proton pump inhibitor (PPIs)


Adalah kumpulan obat yang dapat menanggulangi tanda-tanda sakit maag lewat cara membatasi enzim yang menghasilkan asam lambung. Contoh obat macam ini yaitu omeprazole, esomeprazole, lansoprazole, serta pantoprazole.


Walaupun jarang-jarang, obat ini bisa menyebabkan dampak berwujud mual, pusing, sembelit, serta kembung. Sesuai sama obat maag macam antagonis H2, obat grup ini mesti diraih lewat resep dokter.


Sukralfat


Kerap dipakai buat sebagai obat tanda-tanda sakit maag yang berasal dari tukak lambung, GERD, serta infeksi lambung. Obat yang siap berbentuk sirup ini bekerja lewat cara melapis dinding lambung serta menangkalnya dari iritasi serta pembengkakan gara-gara asam lambung berlebihan atau infeksi.


Obat maag sukralfat jarang-jarang menyebabkan dampak, namun kadangkala dapat menimbulkan konstipasi. Obat ini kerap dipakai berbarengan dengan obat maag macam yang lain.


Bismuth subsalicylate


Disamping beberapa obat di atas, sakit maag dapat juga diobati dengan obat yang dikatakan bismuth subsalicylate. Obat ini siap berbentuk sirup serta bekerja lewat cara kurangi produksi asam lambung dan menghilangkan pembengkakan di lambung.


Disamping buat sebagai obat sakit maag, bismuth subsalicylate dapat juga dipakai buat sebagai obat diare. Obat ini bisa menyebabkan dampak berwujud perut kembung, mual, muntah, serta warna tinja jadi coklat atau kehitaman.


Antibiotik


Obat antibiotik tak umum dipakai buat sebagai obat tanda-tanda maag. Antibiotik kebanyakan akan diresepkan oleh dokter apabila tanda-tanda maag yang Anda alami berasal dari infeksi bakteri, contohnya bakteri Helicobacter pylori.


Macam obat yang tergolong grup antibiotik buat sebagai obat sakit maag yaitu amoxicillin, clarithromycin, metronidazole, serta tetracycline. Yakini jumlah antibiotik dipakai sesuai sama petunjuk dokter ataupun apoteker Anda.


Disamping mengkonsumsi beberapa obat di atas, pengidap maag pun penting mengelak makanan pembawa maag, menempatkan skema makan yang teratur, teratur melakukan olahraga, serta mengatur depresi dengan bagus, buat menghindari maag kumat kembali. Diluar itu, mengkonsumsi suplemen yang mempunyai kandungan fucoidan pun diakui bisa menolong menghilangkan tanda-tanda sakit maag.


Apabila maag tak juga tambah baik pada tempo dua minggu seusai mengkonsumsi obat maag atau tanda-tanda maag tampil bersama tanda-tanda beresiko lain, seperti muntah darah, sukar menelan, feses memiliki warna hitam, sampai pengurangan bobot badan, lekas singgahi IGD rumah sakit paling dekat untuk mendapat perlakuan seterusnya dari dokter.

4 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page