top of page
Search
  • Writer's pictureBahtera Properti

Pemicu Sakit Kepala Samping Kiri dan Langkah Menanganinya

Pemicu sakit di kepala samping kiri dapat bermacam, dimulai dari pola hidup, makanan, sampai penyakit tertentu. Supaya rasa sakitnya dapat terselesaikan secara pas dan untuk memperhitungkan keadaan yang beresiko, ketahui apa pemicu sakit di kepala samping kiri dan ciri-cirinya.


Sakit di kepala samping kiri dapat tiba secara perlahan-lahan atau mendadak dan kerap kali berasa seperti ngilu yang luar biasa atau berdenyut. Umumnya keadaan ini dapat sembuh dalam beberapa saat. Tetapi, bila sakitnya tidak juga lenyap, ini menjadi tanda keadaan yang lebih serius.


Mengenal Pemicu Sakit Kepala Samping Kiri



Ada banyak pemicu sakit di kepala samping kiri. Satu diantaranya ialah pola hidup yang kurang sehat, seperti rutinitas minum alkohol, tunda makan, kekurangan tidur, dan depresi.


Disamping itu, beberapa makanan tertentu dapat memacu sakit di kepala samping kiri, seperti makanan yang memiliki kandungan bahan pengawet, kacang-kacangan, dan daging olahan. Konsumsi garam terlalu berlebih bisa juga mengakibatkan seorang lebih gampang alami sakit di kepala.


Ada juga beberapa keadaan klinis yang bisa memacu sakit di kepala samping kiri, salah satunya:


Sakit di kepala klaster dan migrain


Sakit di kepala dapat dirasa di semua sisi kepala, tetapi juga bisa berasa lebih berat atau terpusat pada bagian tertentu, seperti segi kanan atau kiri kepala. Sakit di kepala yang dirasa lebih menguasai di salah satunya segi kepala umumnya disebabkan karena sakit di kepala klaster atau migrain.


Keadaan ini umumnya seringkali ada saat kecapekan, depresi, kekurangan tidur, atau rangsangan tertentu, seperti wewangian yang kuat atau sinar yang silau. Durasi waktu sakit di kepala samping kiri karena migrain atau sakit di kepala klaster bervariatif, dari yang cuma beberapa saat sampai sepanjang hari.


Infeksi dan alergi


Infeksi aliran pernafasan, seperti flu, sering dibarengi dengan tanda-tanda demam, batuk, pilek, dan sakit di kepala. Dalam pada itu, reaksi alergi bisa memacu aliran napas dan rongga sinus alami persempitan, hingga memacu sakit di kepala samping kiri. Keadaan ini biasanya lebih umum terjadi ke orang yang mempunyai sinusitis.


Trigeminal neuralgia


Trigeminal neuralgia sebagai masalah saraf trigeminus yang berperan mengantarkan kesan atau rangsang fisik dari tempat muka ke arah otak. Keadaan ini dapat diikuti dengan merasa sakit pada satu segi muka, hingga kemungkinan untuk memacu sakit di kepala samping kiri.


Tekanan darah tinggi


Walau tidak mempunyai tanda-tanda fisik yang unik, tekanan darah tinggi dapat memacu munculnya kesan tegang pada leher, sampai sakit di kepala, terhitung sakit di kepala samping kiri.


Stroke


Sakit di kepala secara tiba-tiba dan kronis menjadi tanda ada gempuran stroke. Maka dari itu, Anda perlu siaga jika alami tanda-tanda ini dan selekasnya tanyakan ke dokter, terlebih bila disertai dengan kekurangan pada satu segi badan dan kesusahan menelan atau bicara.


Gegar otak


Gegar otak umumnya dikarenakan oleh bentrokan atau pukulan keras yang menyebabkan cidera dalam otak. Gegar otak bisa memunculkan gejela, terhitung sakit di kepala samping kiri.


Tumor otak


Tumor otak sebagai keadaan saat sel tumor atau kanker tumbuh di jaringan otak. Tumor bisa mengakibatkan sakit di kepala yang intensif, tiba-tiba, berulang-ulang, dan bertepatan dengan tanda-tanda lain, seperti kehilangan pandangan, masalah berbicara, kesusahan jalan, kerap muntah, dan kejang.

5 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page