top of page
Search
  • Writer's pictureBahtera Properti

Lubang Hitam Raksasa Lahap Planet Setiap Detik, Bumi Terancam?

Lubang hitam super-besar ditemui ada di dalam antariksa. Lubang hitam itu tiada henti menggunakan benda langit seukur bumi tiap detiknya. Apa bumi terancam juga?

Beberapa astronom mendapatkan lubang hitam itu tumbuh demikian cepat dan berkilau 7000 kali lebih jelas dari seluruhnya penghuni di Bima Sakti.



Mereka pula mengatakan lubang hitam itu tumbuh tercepat dalam 9 miliar tahun akhir. Mengambil Live Science, lubang hitam yang dimaksud SMSS J114447.77.430859.3 atau dipersingkat J1144 ini punya jarak 7 miliar tahun untuk menyantap Bumi. Lubang itu punyai massa 2,6 miliar kali massa Matahari atau 500 kali makin besar dari Sagitarius A, lubang hitam paling besar di Bima Sakti.


Black hole merupakan benda yang paling padat dengan daya magnet gravitasi yang demikian kuat. Tahukah rekan-rekan, lantaran daya magnet gravitasinya yang demikian kuat, sinarpun tidak dapat keluar tarikannya. Kita lantas tidak dapat memandang lubang hitam itu.


Juga lubang hitam anyar dapat terekam di tahun 2019 oleh paduan Momen Horizon Telescope (EHT). Diberitakan dari Ruang, sampai saat ini beberapa astronom udah menganalisis tiga type lubang hitam.


Yaitu lubang hitam bintang, lubang hitam supermasif, dan lubang hitam menengah. Tetapi sanggupkah bumi kita melintasi lubang hitam lumayan dekat dan rasakan resiko ini?Satu diantaranya lubang hitam paling dekat dengan Bumi dipercaya mengincar dalam metode bintang biner yang dipanggil A0620-00. Metode biner berada lebih kurang 3.000 tahun sinar atau 17.635.876.000.000.000 mil dari Bumi.


Beberapa astronom mempercayai suatu bintang yang kesepian dalam metode itu mengorbit lubang hitam supermasif yang mengeluarkan sebagian besar radiasi x-ray akan tetapi tidak bisa disaksikan kebalikannya. Untung untuk seluruhnya orang di Bumi, lubang hitam begitu jauh menjadi perhatian untuk bumi kita.

3 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page