top of page
Search
  • Writer's pictureBahtera Properti

Ini 7 Negara yang Terima Wisatawan Belum Vaksin

Sejumlah negara mulai melonggarkan aturan perjalanan saat pandemi virus Corona. Ini dia tujuh negara yang membuka gerbang negara bagi turis yang belum vaksin Covid-19. Pandemi membuat traveling jadi berbeda. Tak bebas seperti dulu, kebijakan protokol terus berubah demi berdampingan dengan Covid-19.


Banyak negara yang hidup dari pariwisata sehingga mau tak mau tetap membuka diri dan menyambut turis. Meski di tengah pandemi, mereka tetap menerima wisatawan untuk membantu perekonomian.


Yunani



Traveler yang mau liburan ke Yunani akan diminta untuk mengisi formulir Passanger Locator. Formulir ini harus diisi selambat-lambatnya sehari sebelum kedatangan. Formulir ini akan berisi informasi terperinci mengenai lokasi keberangkatan wisatawan dan durasi tinggal di negara lain. Selain formulir ini, traveler juga akan diminta untuk menyerahkan hasil tes Covid-19 negatif yang diperoleh dalam waktu 72 jam setelah tiba di Yunani.


Portugal



Kalau mau antigen juga bisa, syaratnya diambil 48 jam setelah kedatangan. Wisatawan juga harus menyerahkan kuesioner perjalanan sebelum keberangkatan. Yang perlu traveler pastikan sebelum berwisata ke Portugal adalah dokumen untuk keberangkatan pesawat. Meskipun negara ini tidak memerlukan sertifikat vaksin, namun beberapa maskapai dengan rute Portugal masih membutuhkannya.





Untuk traveler yang menggunakan tes antigen, juga bisa. Bukti negatif tes antigen harus dilakukan dalam waktu 48 jam setelah kedatangan. Wisatawan bahkan dapat masuk ke Kroasia dengan surat keterangan dokter yang membuktikan bahwa mereka telah sembuh dari Covid-19. Turis hanya perlu menyerahkan hasil tes positif antara 11 dan 180 hari sebelum kedatangan.


Turki



Wisatawan hanya perlu menunjukkan bukti tes PCR negatif yang diambil 72 jam sebelum kedatangan mereka. Kalau mau antigen juga bisa, kamu bisa menjalani tes antigen dalam waktu 48 jam setelah kedatangan mereka. Selanjutnya, turis akan diminta untuk menunjukkan formulir online yang diisi 72 jam sebelum perjalanan. Kamu juga berpeluang untuk menjalani pemeriksaan medis tanpa sertifikat vaksin.


Meksiko



Terbuka untuk semua wisatawan. Sesuai dengan laporan saat ini, tak ada persyaratan bagi pengunjung untuk memberikan tes PCR negatif atau karantina pada saat kedatangan. Wisatawan akan diminta untuk mengisi formulir terlebih dahulu dan menunjukkan kode QR dari formulir saat memasuki negara tersebut. Resor yang ada di sana juga meminta tamu untuk mengisi kuesioner kesehatan pada saat kedatangan.


Maldives



Menjadi salah satu negara pertama yang membuka perbatasan untuk turis. Semua pengunjung yang datang akan diminta untuk memberikan tes PCR negatif saat kedatangan. Tes PCR negatif juga harus dikeluarkan tidak lebih dari 96 jam sebelum keberangkatan. Sementara, pengunjung yang divaksinasi lengkap tidak harus menjalani karantina.


Kosta Rika



Terakhir, ada Kosta Rika. Negara ini menerima wisatawan yang tidak divaksinasi dengan aturan yang lebih ketat. Tidak seperti negara lain, traveler yang tidak divaksinasi tidak akan diminta untuk menunjukkan tes Covid-19. Namun traveler harus membeli asuransi perjalanan kesehatan khusus dan melampirkannya ke Health Pass.

5 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page